Pages

Selasa, 06 November 2012

BAGAIMANA MENSOSIALISASIKAN KOPERASI KE MASYARAKAT


BAGAIMANA MENSOSIALISASIKAN KOPERASI KE MASYARAKAT
           

Saya akan menjelaskan “ Bagaimana Mensosialisasikan Koperasi ke Masyarakat”.

Pada jaman sekarang ini, masih banyak orang yang tidak tahu tentang koperasi, guna koperasi, kelebihan koperasi. Masyarakat banyak yang tidak terlalu peduli dengan keberadaan koperasi.  Dan tidak mengetahui persis bagaimana filosofi sejarah, perkembangan dan nilai-nilai perjuangan koperasi. Agar masyarakat tertarik pada koperasi, maka dengan cara sosialisasi kepada masyarakat dapat membuat koperasi semakin maju.
Koperasi adalah kumpulan orang  yang  berkomitmen untuk hidup bersama dalam memenuhi aspirasi ekonomi, sosial dan budaya. Setiap orang yang berkumpul di pastikan memiliki kepentingan, sehingga agenda penyatuan kepentingan menjadi sebuah kebutuhan guna meminimalisir tejadinya tabrakan kepentingan antara anggota satu dengan lainnya dan bahkan tabrakan kepentingan antara anggota dengan koperasi-nya sendiri. Dengan demikian, berkoperasi akan bermakna saling memperkuat  dan meningkatkan kesejahteraan setiap orang yang terlibat didalamnya.
Oleh karena itu, pemilihan aktivitas perlu diperhatikan relevansinya dengan daya dorong peningkatan kualitas hidup anggotanya dalam arti luas, termasuk urusan kesejahteraan ekonomi anggotanya. Untuk itu, dalam pemilihan aktivitas, koperasi harus memperhatikan kepentingan mayoritas anggotanya. Sebagai contoh, koperasi yang anggotanya kebanyakan berprofesi sebagai pedagang eceran, maka koperasi tersebut selayaknya mengambil porsi sebagai suplier (grosir) bagi segenap anggotanya. Disamping itu, koperasi juga bisa menyelenggarakan simpan pinjam yang di fungsikan mendukung  penguatan usaha anggota. Contoh lain, ketika sebuah koperasi  berangggotakan orang-orang yang berprofesi sebagai pengrajin, maka koperasi seharusnya memerankan diri pada support teknologi bagi peningkatan kualitas produk anggotanya, support manajemen untuk meningkatkan kualitas pengelolaan usaha, akses perluasan pasar  yang mendukung peningkatan kuantitas produksi, akses permodalan berupa  simpan pinjam atau lainnya yang memungkinkan untuk di jangkau oleh anggota. Kalau aktivitas koperasi seperti yang digambarkan diatas, anggota akan merasa begitu dekat deangan koperasinya di karenakan daya dukung nyata bagi peningkatan kesejahteraan anggota.
Koperasi itu adalah organisasi  bisnis  yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama, Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi  rakyat  yang berdasarkan asas kekeluargaan. Gunanya koperasi ada beberapa yang saya tau diantaranya, sebagai urat nadi perekonomian Indonesia, untuk mendemokrasikan ekonomi Indonesia, meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan untuk memperkokoh perekonomin Indonesia melalui jalan koperasi ini.
Koperasi dibagi berdasarkan jenisnya:
·     Koperasi Simpan Pinjam (KPS) adalah koperasi yang memiliki usaha tunggal yaitu menampung simpanan anggota dan melayani peminjaman
·   Koperasi Konsumsi adalah koperasi yang bidang usahanya menyediakan kebutuhan sehari-hari anggota dan Koperasi Produksi adalah koperasi yang bidang usahanya membuat barang (memproduksi) dan menjual secara bersama-sama. 
·        Koperasi Serba Usaha (KSU) adalah koperasi yang bidang usahanya
       bermacam-macam.
Untuk itu, cara mensosialisasikan apa itu koprasi, guna koperasi, dan jenis kopeasi maka perlu media yang sudah ada, misalkan dengan media elektronik. Media elektronik dpat kita gunakan untuk memperkenalkan koperas dengan cara yang menarik perhatian masyarakat luas. Contohnya dengan iklan di televisi. Kita dapat membuat iklan tentang koperasi semenarik mungkin. Dengan tokoh-tokoh yang menarik pula. Dengan program pembahasan yang membuat masyarakat tertarik.
Dengan cara lain, kita dapat mendekat ke masyarakat atau terjun langsung ke masyarakat luas. Lalu, kita memberi pembinaan tentang koperasi, menerangkan apa itu koperasi, guna koperasi, prinsip koperasi, jenis koperasi. Hal itu kita lakukan supaya masyarakat lebih paham, dan dapat bekerjasama untuk menghidupkan koperasi sehingga perekonomian di daerah meningkat dan lama-kelamaan akan berdampak pula pada perekonomian di Indonesia yang semakin meningkat.
Dalam mensosialisasikan koperasi, tidak hanya pihak dalam saja. Tapi butuh pihak-pihak dari luar, misalnya kalangan muda. Menurut saya, kita sebagai mahasiswa fakultas ekonomi seharusnya punya ide yang kreatif  untuk membantu mempromosikan tentang koperasi kepada kalangan muda. Contohnya dengan membuat organisasi yang bergerak di bidang koperasi. Karena kalangan muda memmpunyai ide-ide dan rencana yang luas.
            Anggota dalam koperasi harus digerakkan. Masyarakat merupakan tiang-tiang untuk memajukan koperasi. Koperasi dapat berjalan dan maju asalkan masyarakat mau berpartisipasi dan bekerjasama sebagaimana seharusnya dan didampingi juga oleh para anggota-anggota koperasi yang bertanggung jawab.
            Sebenarnya Lembaga koperasi  seolah ingin mewujudkan impian masyarakat dan Indonesia yang memiliki kekayaan sumber daya alam dan manusia tak ternilai. Filosofinya  adalah kita mengeluarkan uang bukan berarti kehilangan , tapi uang bertambah. Apabila kita menginginkan masyarakat dapat memanfaatkan koperasi dengan baik maka kita juga harus memberitahu masyarakat hal-hal positif apa saja yang dapat kita ambil dari koperasi. Yang maanfaatnya dapat digunakan untuk masyarakat , bangsa dan Negara.
           

SUMBER:
http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2012/10/26/memulai-wirausaha-dari-hal-sederhana-504461.html
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar